Mengenal Kerajinan Tangan Rotan

Selain kayu, ada material alami lain yang sering digunakan untuk memperindah penampilan rumah hunian yakni rotan. Material dari pohon ini sangat mudah ditemukan di wilayah Asia, khususnya di Indonesia. Selain memiliki warna yang begitu indah, rotan memiliki sifat lentur dan mudah dibuat dalam berbagai bentuk furniture.

Kelebihan bahan rotan

Kelebihan rotan tidak hanya terletak pada kelenturan dan kemudahan dalam pembentukannya saja. Material alami ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dengan harga terjangkau. Selain itu, nilai keindahannya terlihat sangat sempurna. Bukan itu saja, rotan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan interior maupun eksterior.

Alasan berikutnya dari penggunaan rotan adalah tanaman rotan dapat dibudidayakan, sehingga tidak mempunyai sifat merusak alam. Meski masa panennya perlu waktu cukup lama, akan tetapi tetap lebih singkat dibanding kayu jati atau ulin.

Penggunaan bahan rotan untuk furniture

Di Indonesia, tidak hanya kayu saja yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mebel atau furniture namun juga rotan. Bahkan tidak sedikit yang mengkombinasikan kedua jenis bahan tersebut untuk menghasilkan kesan lebih indah dan alami.

Beberapa jenis furniture yang sering menggunakan bahan rotan sebagai material utama antara lain adalah kursi, sofa, meja, tempat tidur, partisi hingga penyekat ruang dan masih banyak lagi. Alasan yang paling sering dikemukaan mengapa lebih tertarik memilih material ini adalah karena tampilannya yang sangat artistik.

Penggunaan bahan rotan untuk karya seni dan kerajinan tangan

Selain mebel atau furniture, rotan merupakan salah satu bahan terbaik untuk membuat karya seni dan kerajinan tangan. Melalui fleksibilitas, durabilitas beserta kekuatannya, banyak sekali seniman atau pembuat kerajinan tangan yang memilih rotan sebagai bahan utama dalam berkarya. Bahkan tidak sedikit seniman dunia yang ikut menggunakannya untuk mewujudkan gagasannya.

Gaya etnik dan modern hingga minimalis

Bisa dipastikan, semua masyarakat Indonesia pasti pernah mempunyai atau paling tidak permah melihat perabot dan pernak-pernik hiasan interior dari bahan rotan. Misalnya lampu meja, bingkai lukisan, penyekat dinding, rak, vas bunga, pot bunga, dan masih banyak lagi. Penampilannya selalu indah dan cantik, sangat sedap dipandang oleh mata.

Rotan memang selalu jadi bahan pilihan utama, khususnya untuk membuat dekorasi ruang bergaya etnik. Namun dibalik itu, rotan juga bisa diaplikasikan pada interior dan eksterior bergaya modern bahkan minimalis. Khususnya modern atau minimalis bernuansa tropis, sangat tepat menggunakan material tersebut untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan interior dan eksterior.