Cara Merawat Furniture Rotan Sintetis

Rotan sintetis merupakan rotan imitasi yang terbuat dari plastik / Polyethylene. Rotan sintetis 100% berbahan High Density Polyethylene (HDPE) yang 100% dapat di daur ulang dan non-toxic (tidak beracun). Bahan ini tidak memiliki placticizer (pelembut) seperti PVC, sehingga memenuhi standar ISO 9001-2000. Oleh karena itu menjadi penting menggunakan rotan sintetis  sebagai bahan furnitur, mebel, dan kerajinan tangan rotan lainnya karena memiliki kandungan yang anti racun, atau mudah di daur ulang.

Bahan rotan sintetis mulai banyak digunakan karena mudah untuk pelapis bahan-bahan furnitur, mebel, atau kerajinan tangan. Furnitur, mebel, dan kerajinan tangan dengan bahan olahan rotan sintetis memang terlihat lebih kontemporer. Pilihan warna dan tekstur yang berjumlah ratusan, bahkan ribuan, memudahkan para desainer untuk menciptakan furnitur, mebel, atau kerajinan tangan untuk memperindah desain interior rumah, cafe maupun hotel.

Secara garis besar ada 3 jenis furniture rotan sintetis, yakni furniture rotan dengan rangka alumunium dan stainless steel dalam hal ini adalah furniture rotan yang digunakan pada ruangan outdoor, kedua furniture rotan dengan rangka besi yakni furniture mebel rotan sintetis yang cocok ditempatkan di teras. Kemudian yang ketiga adalah furniture rotan sintetis dengan rangka kayu, furniture rotan jenis ini cocok untuk ditempatkan dalam ruangan/indoor.

Cara merawat furniture rotan sintetis adalah sebagai berikut:

  1. Upayakan untuk setiap hari membersihkan furniture rotan sintetis dengan lap kering atau kemoceng, hal ini dimaksudkan untuk menyingkirkan debu menempel yang dapat merusak warna rotan sintetis.
  2. Jika terkena tumpahan minuman bersihkan menggunakan lap basah, kemudian berikan sabun / deterjen agar bersih sempurna, setelah bersih lakukan pembilasan dengan air bersih dan yang terakhir lakukan pengelapan dengan menggunakan lap kering.
  3. Jika timbul jamur segerakan memberi cairan anti jamur yang dijual bebas di toko perlengkapan furniture.
  4. Berikan variasi tambahan seperti busa dudukan, sandaran dan pillow untuk memberikan kenyamanan berlebih pada furniture anda.